Header Ads Widget

pasang

APA ITU NILAI OKTAN DAN CATANE BBM ?

Yoppika Zulfan A.-Siotomotif



Baca Juga: Mobil Listrik Atau Mobil BBM ? Ini Dia Perbandingannya

Siotomotif- Sebelum memulai pembahasan, kami menekan kan bahwa sangat penting mengetahui tentang nilai oktan dari tiap-tiap jenis bahan bakar minyak yang di gunakan sehari-hari pada kendaraan kita masing-masing, pada kesempatan kali ini Siotomotif akan menjelaskan bab nilai oktan di masing masing bahan bakar minyak.


Baca Juga: Cara Kerja Nos Dan Cara Pemasangannya Pada Mobil

Nilai Oktan Dan Catane BBM Yang Wajib Kita Ketahui.


A. Apa Itu Nilai Oktan BBM ?


Nilai oktan BBM adalah ukuran standar kemampuan BBM untuk menahan kompresi mesin
dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin dengan sempurna. Semakin besar nilai oktannya, maka lebih besar kompresi mesin yang dapat di tahan oleh BBM pada proses pembakaran di ruang bakar .


B. Nilai Oktan BBM Untuk Mesin Bensin.


Baca Juga: Perbandingan Antara Mobil Bermesin Diesel Dan Bensin



1. Premium

Bahan bakar minyak untuk mesin besin yang memiliki nilai oktan paling kecil yaitu di angka 88.


2. Pertalite


Bahan bakar gasoline dengan warna hijau terang ini memiliki nilai oktan yang sedikit lebih besar dari Premium yaitu di angka 90.


3. Pertamax


Bahan bakar yang memiliki warna biru ini mempunyai nilai oktan di angka 92 berstandar internasional.


4. Pertamax Turbo


Bahan bakar yang di kembangkan oleh formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) dengan warna yang merah ini mempunyai nilai oktan di angka 98 dan memiliki kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara di lingkungan sekitar.


5. Pertamax Racing


Bahan bakar yang di khususkan untuk kendaraan-kendaraan balap ini sudah di akui oleh federasi balap internasional. Pertamax Racing sendiri memiliki nilai oktan di angka 100.






C. Nilai Catane BBM Untuk Mesin Diesel.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Oli Samping Untuk Motor 2 Tak


1. Solar

Bahan bakar khusus mesin diesel dengan angka cetane 48 sesuai untuk kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama dengan kandungan sulfur 2500 ppm.




2. Dexlite

Bahan bakar mesin diesel yang memiliki angka cetane 51 dan mengandung sulfur maksimal 1200 ppm.




3. Pertamina Dex


Bahan bakar mesin diesel yang sangat disarankan untuk kendaraan dengan mesin diesel modern berteknologi Common Rail System yang memang membutuhkan bahan bakar dengan berkualitas tinggi. Bahan bakar ini memiliki nilai catane di angka 53 dengan kandugan sulfur 50ppm.

Nah mungkin itu penjelasan dari Apa Itu Nilai Oktan Dan Nilai Catane BBM, untuk selanjutnya kita akan bahas tentang cara pemilihan bahan bakar yang tepat berdasarkan nilai kompresi mesin.

Posting Komentar

2 Komentar

Komentar