Header Ads Widget

pasang

Mengapa Sasis Hino A 215/AK 8 Menjadi Andalan Bus Ekonomi Di Indonesia?

Yoppika Zulfan A. - Siotomotif.com



Baca Juga: ISUZU PANTHER: RAJANYA MOBIL DIESEL DI INDONESIA


Hino A215 ATAU AK8: Sasis Andalan Bus ATB/Ekonomi Di Indonesia.


Siotomotif.com- Hino A 215 atau lebih dikenal dengan Hino AK 8, merupakan salah satu sasis bus yang sangat banyak di pakai oleh perusahaan otobus di indonesia, salah satu contoh ada perusahaan otobus asal Sidoarjo Jawa Timur yang bernama PT. Selamat Sugeng Rahayu atau lebih dikenal sebagai PO. Sumber Group. Perusahaan otobus ini terkenal dengan armada-armada nya yang handal di jalanan. Banyak armada dari PO. Sumber Gruop memakai sasis dari Hino, termasuk Hino AK8 yang sudah menjadi ciri khas bus ATB dari PO. Sumber Group. Tapi mengapa sasis Hino AK8 sangat di andalkan khususnya bagi bus-bus ATB/Ekonomi? Berikut penjelasannya.


Baca Juga: CARA MENENTUKAN BBM YANG PAS BERDASARKAN KOMPRESI MESIN


1. Mesin Yang Bandel.


Sasis Hino AK8 memiliki mesin yang terkenal bandel dan bisa melaju kencang bahkan bisa mengimbangi mesin-mesin sasis bus yang lebih muda darinya, dengan mesin diesel konvensional berkapasitas 7.684 cc yang sudah di lengkapi turbo intercooler, mesin sasis Hino AK8 mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 tenaga kuda di 2.500 RPM dan torsi sebesar 620 nm di 1.500 RPM. Menggunakan transmisi 6 percepatan.


2. Mesin Yang Terletak Pada Bagian Depan.


Posisis mesin pada sasis Hino AK8 terletak pada bagian depan. Sasis bus yang memiliki mesin di posisi depan memiliki keunggulan seperti dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak, dan dari beberapa pengalaman sopir bus mengakui sasis bus bermesin depan memiliki akselerasi yang lebih terasa.


3. Perawatan Yang Lebih Efisien.


Sasis Hino AK8 yang masih menggunakan mesin diesel konvesional menyebabkan mudahnya perawatnya, karena mesin diesel konvensional yang memiliki perawatan yang simple seperti melakukan service rutin secara berkala.


4. Sangat Cocok Untuk Bus ATB/Ekonomi.


Sasis bus bermesin depan sangat cocok untuk bus ATB/Ekonomi karena pada bus ekonomi membutuhkan kapasitas untuk menampung penumpang dan barang bawaan yang banyak, serta bus yang sering berhenti dan membutuhkan akselerasi yang responsive. Di samping itu, bus ATB/Ekonomi memiliki trayek yang terbilang tidak terlalu jauh dan cepat.


5. Harga Sasis Yang Tergolong Murah.


Hino AK8 memiliki harga sasis yang tergolong murah, yaitu di sekitar harga 400-500 jutaan, berbanding jauh dengan saudaranya yaitu Hino RK8 bermesin belakang yang memiliki harga sekitar 800-850 jutaan.


Baca Juga: APA ITU NILAI OKTAN DAN CATANE BBM?

Posting Komentar

0 Komentar