Header Ads Widget

pasang

BARBARA SPEED: CIKAL BAKAL LAHIR NYA HEREX DI JAWA TIMUR

Yoppika Zulfan A.-Siotomotif1


Siotomotif1- Jika anda berbicara soal motor herex, hal apa yang pertama kali terlintas dalam benak anda? tentunya tentang dimana motor herex itu mulai ramai dan diminati banyak orang. Herex sendiri adalah singakatn dari Honda Exciting Rider Extreme, aliran modifikasi herex pertama kali eksis pada segment balap liar di daerah Jawa Timur tepatnya di daerah Madiun. Nama Barbara Speed juga tentunya tidak luput dari lahirnya perherex an di Jawa Timur.

Barbara Speed Manual Tech

Sejarah Berdirinya Bengkel.

Jika anda orang Jawa Timur dan mungkin pecinta herex tentu tidak asing lagi dengan Barbara Speed. Ya,bengkel legend asal Sidoarjo Jawa Timur ini terkenal dengan motor-motornya yang kencang. Berawal dari hobi motor, Mohammad Sirojuddin atau lebih di akrab disapa Didien., beliau mengaku belajar mesin tanpa guru atau otodidak kemudian mulai menekuni dunia motor dan balap liar sejak tahun 2009 dengan motor Honda GL pribadinya sebagai bahan uji coba. Sebelum emnggunakan nama barbara mas Didien terlebih dahulu menamai team balapnya dengan nama RRS singkatan dari Rembes Racing Team, dan berganti nama menjadi Barbara Speed Manual Tech pada tahun 2013 silam. Nama Barbara sendiri di tercetus dari salah satu bitcrew bernama mas Anto Bonong. Tak perlu kami perjelas namun nama Barbara terkenal dengan nama yang memiliki stigma negatif di mata orang. Tapi mengapa mas Didien malah menjadikan Barbara menjadi nama team balapnya? Karena mas Didien memiliki filosofi yang positif yaitu ingin menciptakan nama Barbara dengan stigma yang positif.

Abah Didien Owner Barbara Speed.

Untuk pengalaman balap liar pertama kali, Barbara Speed saat itu melawan motor milik orang orang Surabaya. Laga balap liar tersebut di adakan di baypass krian Sidoarjo, dengan hasil kalah pada laga debutnya tersebut. Namun mas Didien menjadikan kekalahan itu sebagai penyemangat untuk menambah pengetahuanya pada mesin motor. Dan itu semua beliau buktikan di laga-laga balap liar selanjutnya dimana Barbara Speed mulai sering memenangkan laga demi laga. Singkat cerita, dunia balap liar Jawa Timur di masa itu 1200m mulai di dominasi oleh motor-motor 2tak. contohnya motor Ninja bernama Kian Santang milik mas Imam Koarkoar. Pada saat itu tidak ada herex yang berani melawan 2tak pada lintsan 1200m, namun Barbara Speed dengan persiapan yang matang mencoba memberanikan diri untuk mencoba berlaga melawan 2tak jawara 1200m pada masa itu dengan hasil kemenangan. Namun dari sebagian banyaknya laga Barbara Speed, laga melawan FXR Nganjuk mungkin menjadi laga yang sangat berkesan di benak Team Barbara Speed karena pada laga tersebut harus memakan salah satu korban jiwa, yang menyebabkan pensiunya salah satu joki andalan Barbara Speed yaitu mas Fitroh yang notabenya adalah adik kandung dari mas Didien sendiri dan motor yang di pakai pada saat laga itu pun harus di pensiunkan dan dimuseumkan di dalam bingkai kaca sebagai bentuk penghormatan untuk Alm. Motor tersebut kini menjadi ciri khas dari Barbara Speed yang di beri nama Sapoe Angin Syawal.
Herex Sapoe Angin Syawal.

Terlepas dari masa lalu, kini Barbara Speed sudah di kenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai legenda herex Jawa Timur dan hingga saat ini masih di terjun di dunia balap motor. Barbara Speed juga sukses dalam segi jual belinya contoh produk nya ada merchendise T-sirt,topi,dll lalu untuk sparepart nya ada kruk as up, noken as, knalpot dll. Untuk selengkapnya silahkan cek saja di akun instagramnya Barbara Speed.

Produk-Produk Barbara Speed.




Mungkin banyak bengkel- bengkel hebat khususnya yang berada di Jawa Timur beserta motor kencangnya, namun untuk di lintasan 1200m banyak orang mengakui bahwa Barbara Speed lah Jawaranya. Oke mungkin cukup sekian pembahasaan mengenai Barbara Speed Manual Tech yang memiliki kisah dan perjalanan yang cukup inspiratif serta penuh dengan ilmu.


Kunjungi juga: Cari Tahu Lebih Lanjut- Bengkel Bursakarbujogja




Instagram Barbara Speed

Chanel Youtube Barbara Speed

Posting Komentar

0 Komentar