Header Ads Widget

pasang

BAHAS TUNTAS SEPUTAR BAN MOBIL#1



Yoppika Zulfan A.- Siotomotif







Siotomotif- Memahami sebelum membeli sesuatu memang sangat lah penting, selain untuk mengetahui barang yang kita akan beli, kita juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangnannya.Untuk ban kendaraan, Hati-hati jangan asal pilih ban karena jika salah pilih akibatnya sangat fatal dan berbahaya, alangkah baiknya untuk memehami penjelasan lengkap mengenai ban kendaraan dari kami.

Baca Juga: MOBIL LISTRIK ATAU MOBIL BBM? INI DIA PERBANDINGANNYA

Bahan Dasar Pembuatan Dan Jenis-jenis Ban.

A. Bahan Dasar Pembuatan Ban.


Ban kendaraan rata-rata terbuat dari berbahan dasar Polimer. Polimer terbuat dari getah putih dari pohon karet yang kemudian di campuri bahan sintetis kimia bernama polipropilena. Ban kendaraan yang terbuat dari bahan dasar polimer memiliki kualitas yang baik dan memiliki sifat kaku serta tahan terhadap perubahan suhu akibat gesekan dengan aspal jalan. Sehingga ban yang yang berbahan dasar polimer cenderung memiliki umur yang awet.




Baca Juga: APA ITU NILAI OKTAN DAN CATANE BBM ?




B. Jenis-Jenis Ban Kendaraan Beserta Fungsinya.


1.Ban Bias


Ban bias merupakan ban yang terbuat dari lembaran cord yang di pasang dengan pola menyilang membentuk sudut 40-65 derajat dari garis tengah ban. ban ini memiliki telapak yang sangat besar dan tebal, namun ban ini kesulitan dalam membuang panas. Ban ini cocok untuk mobil-mobil bermuatan besar dan berat.

2.Ban Radial


Ban radial adalah ban yang terbuat dari cord yang di pasang melintang membentuk sudut 90 derajat dan telapak ban yang rata yang membuat daya cengkramnya terhadap permukaan jalan lebih baik serta bobotnya yang ringan dan mudah tahan terhadap panas. Ban ini cocok sekali untuk mobil keluarga atau mobil yang di gunakan untuk menampung penumpang.

3.Ban Comfort


Ban Comfort adalah jenis ban yang memiliki karet yang tebal dan celah alur yang rapat serta salah satu jenis ban yang tahan terhadap panas. Karena terbuat dari karet yang tebal dan memiliki celah alur yang rapat, ban ini memiliki daya cengkram yang sangat baik. Ban ini cocok di gunakan untuk mobil yang sering melewati jalan beraspal.

4.Ban Performance


Ban performance merupakan ban yang memiliki alur sedikit yang membuat kendali mobil menjadi sangat stabil saat kondisi jalan kering akan tetapi jika kondisi jalan basah ban ini akan menjadi licin akibat alurnya yang sedikit. ban jenis ini umumnya di gunakan untuk mobil-mobil balap.

5.Ban Spare


Ban Spare adalah jenis ban yang di buat hanya untuk cadangan atau serep saja. ban spare memiliki dua tipe yaitu temporary space saver dan full size. Temporary space saver addalah ban khusus dengan velg berbeda, dan jika full size adalah ban untuk velg bawaan pabrik. Jika memakai ban ini, mobil hanya boleh melaju dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.

6.Ban Tubless


Ban Tubless merupakan ban yang di pasang tanpa menggunakan ban dalam. Tanpa menggunakan ban dalam inia berfungsi sebagai penahan udara atau bisa di katakan ban tubless bisa mencegah kebocoran udara dan tidak akan langsung kempis ketika tertancap paku atau yag lainya.

7.Ban Offroad


Ban offroad adalah jenis ban yang di gunakan khusus untuk medan offroad. Ban ini memiliki struktur alur yang menonjol keluar sehingga sangat tidak di anjurkan untuk mobil yang di gunakan sehari-hari.

8.Ban RFT


Ban Run Flat Tire adalah ban yang memiliki kemampuan unik yaitu ban ini mampu di gunakan walaupun dalam keadaan tekanan angin 0 atau sangat kempis. bahkan ban ini dapat melaju hingga kecepatan 80 km/jam dengan stabil meskipun ban dalam keadaan kempis.

9.Ban ECO


Ban ECO adalah ban yang terbuat dari lapisan silika yang membuat ban ini memiliki daya cengkram yang sangat kuat terhadap permukaan jalan. lapisan silika ini juga bisa membuat beban putar ban menjadi lebih minim sehingga ban bisa berputar dengan ringan.


Baca Juga: CARA MENENTUKAN BBM YANG PAS BERDASARKAN KOMPRESI MESIN


Posting Komentar

0 Komentar