Header Ads Widget

pasang

Perbandingan Antara Mobil Bermesin Diesel Dan Bensin

Yoppika Zulfan A.-Siotomotif1


Siotomotif1- Siapa nih yang suka debat gara-gara membandingkan masih lebih unggul mana sih antara mobil bermesin diesel dan mobil yang bermesin bensin?. Pada dasarnya mobil yang bermesin diesel dan mobil yang bermesin bensin merupakan dua jenis mesin yang berbeda loh, walaupun kini mayoritas masyarakat Indonesia cenderung lebih banyak yang menggunakan mobil bermesin bensin dari pada mobil yang bermesin diesel. Lantas apakah berarti mobil bermesin bensin lebih unggul di bandingkan dengan mobil yang bermesin diesel?. Eits tunggu dulu, pada kali ini siotomotif1 akan mencoba merangkum tentang perbandingan antara mobil yang bermesin diesel dan mobil yang bermesin bensin yang mungkin belum kalian ketahui.

Perbandingan Antara Mobil Diesel Dan Mobil Bensin.

1. Performa Mesin


Yang pertama kita bahas tentang performa mesin. Disini mobil yang bermesin diesel lebih unggul karena karakteristik dari mobil berbahan bakar solar ini yang bisa menghasilkan torsi besar pada RPM rendah, hal ini pula yang menyebabkan mobil bermesin diesel sangat bisa di andalkan di jalanan yang menanjak atau di pegunungan. Di sisi lain juga kerap dijumpai dimana mobil yang bermesin diesel terlihat aman pada saat menerjang genangan air atau lumpur padahal air atau lumpur tersebut masuk ke dalam ruang mesin. Itu bisa terjadi karena sistem pengapian listrik pada mobil bermesin diesel yang tidak menggunakan komponen seperti busi, sehingga pada saat bagian mesin terkena air atau lumpur resiko untuk terjadinya konsleting arus pendek sangat lah kecil bahkan bisa dikatakan nihil. Oleh sebab itu kebanyakan mobil yang di gunakan untuk offroad memakai mobil yang bermesin diesel.

2. Ke Efisiensian


Setelah membahas performa mesin kita lanjut tentang ke efisiensian. Lagi-lagi mobil dengan mesin diesel lebih unggul disini, karena jika kita membandingkan konsumsi bahan bakar di volume yang sama, mobil bermesin diesel mengkonsumsi bahan bakar 35% lebih sedikit di bandingkan mobil yang bermesin bensin, itu bisa terjadi karena kompresi tinggi yang di hasilkan oleh mobil bermesin diesel. Kompresi yang tinggi menyebabakan mobil bermesin diesel menghasilkan panas yang lebih minim yang menyebabkan komsumsi pada mobil bermesin diesel cenderung lebih irit jika di banding dengan mobil yang bermesin diesel.

3. Kenyamanan


Dari segi kenyamanan, mobil yang bermesin diesel akan cenderung lebih bising dan getaran mesin nya jauh lebih terasa jika di banding kan dengan mobil yang bermesin bensin. Hal itu terjadi karena mobil bermesin diesel yang memiliki torsi dan kompresi yang besar. Jadi jika di simpulkan dalam hal kenyamanan, mobil yang bermesin bensin sedikit lebih unggul dalam catatan mobil yang yang di bandingkan harus berada pada kelas yang setara.

4. Perawatan


Nah yang terakhir tentang perawatan. Meski mobil bermesin diesel kerap disebut mobil yang tangguh akan tetapi mobil bermesin diesel memiliki perawatan dasar yang cukup rumit, apalagi pada mobil bermesin diesel modern dimana pada mobil bermesin diesel keluaran terbaru rata-rata memiliki komponen yang kompleks dan sistem-sistem yang canggih salah satunya sistem common rail yang menyebabakan mobil bermesin diesel harus menggunakan solar bersih seperti pertamina dex, shell diesel, atau total diesel. Berbeda hal dengan mobil bermesin bensin yang memiliki perawatan dasar yang lebih sederhana. Kalian hanya butuh memperhatikan penggunaan BBM sesuai kompresi, memakai oli dengan kadar kekentalan yang di sarankan, dan membersihkan filter secara berkala.


Bagaimana sekarang sudah mengertikan beberapa perbandingan antra mobil bermesin diesel dan mobil bermesin bensin. Teman-teman bisa menjadikan perbandingan diatas sebagai acuan ingin membeli mobil dengan tipe mesin bensin atau diesel. Dan sekali lagi ini hanya versi dari siotomotif1, jika teman-teman memiliki tanggapan yang berbeda silahkan cantumkan di kolom komentar.

Posting Komentar

0 Komentar