Header Ads Widget

pasang

Cara Membersihkan Karburator Sendiri Di Rumah.

 Yoppika Zulfan A.-Siotomotif.com

    Baca Juga: Cara Menentukan BBM Yang Pas Berdasarkan Kompresi Mesin

Siotomotif.com- Membersihkan karburator adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan sepeda motor, mengingat peran karburator sangat lah penting dalam suatu motor. Kesehatan karburator bisa di jaga dengan beberapa cara, salah satunya dengan rutin menbersihkan nya. Berikut adalah cara mebersihkan karburator yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Alat dan bahan yang harus di persiapkan.

1. Alat yang harus di persiapkan

  1. 1 Obeng (+) berukuran normal, 1 Obeng (-) berukuran kecil.
  2. Kunci pas ukuran 8
  3. Kuas
  4. Sikat gigi
  5. Jarum

2. Bahan yang harus di persiapkan

  1. Bensin secukupnya
  2. Botol bekas minuman (disarankan botol bekas aqua berukuran sedang)
  3. Lap bersih
  4. Wadah

Langkah-langkah membersihkan karburator.

Baca Juga: Apa Itu Nilai Oktan Dan Catane BBM

1.Melepaskan karurator.

Untuk melepas karburator kalian bisa melepas baut yang mengunci karburator dengan intake manifold, untuk baut pengunci karburator pada intake manifold akan berbeda di setiap jenis motor, pada motor 2 tak biasanya menggunakan manifold karet dan memiliki baut pengunci pada claimnya kalian bisa mengendurkannya menggunakan obeng (+). Jika pada motor 4tak biasanya menggunakan 2 baut pengunci pada intake manifold, kalian bisa melepasnya dengan mengendurkan 2 baut ukuran 8 menggunakan kunci pas 8.

2. Melepas kabel gas pada skep karburator.

Setelah berhasil melepaskan karburator lanjut dengan melepaskan kabel gas yang terikat pada skep karburator. Disini kalian cukup melepas tutup skep karburator dan sedikit menahan per ke atas agar kabel gas dapat terlepas dari pengaitnya. Setelah terlepas masukan skep karburator beserta komponen kecil lainya seperti per dan jarum skepnya kedalam wadah yang telah di sediakan.

3. Membuka mangkuk karburator.

Untuk membuka mangkuk karburator cukup mudah, yaitu dengan cara melepas baut yang terletak pada bagian mangkuk karburator menggunakan obeng (+).

4. Melepas komponen-komponen bagian dalam karburator.

Lalu dilanjut dengan melepas semua komponen-komponen bagian dalam karburator, diawali dengan melepas pin pengait pelampung karburator, cukup di dorong keluar untuk melepasnya, setelah itu melepas spuyer dan pilot jet, main jet karburator menggunakan obeng (-) dan kunci pas. setelah semua komponen bagian dalam karburator terlepas, masukan semua komponen-komponen tersebut ke dalam wadah, lalu isi sedikit bensin ke dalam wadah tersebut hingga semua komponen-komponen nya sedikit teredam.

5. Mulai mebersihkan karburator.

Sebelumnya lubangi tutup botol bekas minuman yang telah disiapkan menggunakan jarum, lalu isi botol tersebut dengan bensin hingga mencapai 3/4 botol. Tahap pembersihan karburator dimulai dengan menyemprotkan botol berisi bensin ke seluruh permukaan luar dan dalam karburator sacara merata, lalu bersihkan menggunakan kuas, jika terdapat kotoran yang sulit hilang silahkan gosok menggunakan sikat. jangan lupa juga untuk menyemprotkan pada lubang-lubang di bagian dalam karburator. Lakukan proses tersebut hingga karburator dinilai benar-benar bersih. Lalu bilas dengan menyemprotkan bensin pada botol ke seluruh permukaan karburator. Setelah bersih letakan karburator pada lap bersih yang telas di sediakan.

6. Membersihkan komponen-komponen karburator.

Untuk mebersihkan komponen-komponen karburator, kalian cukup menyemprotkan bensin pada botol ke seluruh permukaan dan memastikan lubang-lubang yang terdapat pada komponen karbu tidak ada yang tersumbat dengan cara manual yaitu meniupnya. Jika semua komponen dirasa sudah bersih dan lubangnya lancar semua, letakan semua komponen pada lap bersih bersamaan dengan karburator tadi.

7. Merakit kembali karburator dan memasangkannya pada intake manifold.

Setelah karburator beserta komponenya bersih, lanjut ke proses perakitan. Pasangkan semua komponen-komponen bagian dalam karburator ke tempatnya semula dimulai dari spuyer, main jet dan pilot jet, lalu pasang jarum pelampung dan pasang pelampungnya seperti semula dengan memasukan pin, perlu di ingat bahawa pada saat pengencangan komponen kecangkan sekucupnya saja agar tidak slek, dan pada saat memasang pelampung jangan sampai terbalik. Setelah semua komponen bagian dalam sudah terpasang dengan benar, pasangkan kembali mangkuk karburator dan baut penguncinya. lanjut ke bagian pemasangan kabel gas pada pengait skep. Masukan jarum skep kedalam skep, lalu masukaan kabel gas ke dalam lubang pada tutup skep, di susul dengan perskep, dan tahan  pernya kemudian masukan kabel gas ke pengait yang ada di skep karburator. Kemudian tutup dan kencangkan tutup skep tersebut , pasangkan kembali pada intake manifold. Setelah itu coba mainkan gas apakah gas tersebut bisa kembali tidak. Jika semua sudah di lakukan dengan benar saat nya merasakan perbedaannya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Oli Samping Untuk Motor 2Tak


Nah, kurang lebih seperti itu cara untuk mebersihkan karburator motor sendiri di rumah, dengan hanya bermodalkan alat dan bahan sederhana kalian bisa melakukanya sendiri dirumah.

Posting Komentar

1 Komentar

Komentar