Header Ads Widget

pasang

Menentukan Ukuran Gear Set Yang Sesuai Untuk Motor Harian.

 Yoppika Zulfan A.-Siotomotif.com

Baca Juga: Cara Menentukan BBM Yang Pas Berdasarkan Kompresi Mesin

Siotomotif.com- Menentukan ukuran gear set adalah hal yang wajib di lakukan bagi pemilik sepeda motor. Ukuran dari gear set sangat beragam, tentunya pada setiap gear set memiliki tujuan dan penerapan yang berbeda. Pemilihan gear set yang salah dapat berpengaruh pada performa sepeda motor itu sendiri, maka dari itu, kalian harus menentukan ukuran gear set yang sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan Menentukan Ukuran Gear.

Sebelum kalian menenentukan ukuran gear set, pastikan terlebih dahulu sepeda motor anda di gunakan untuk harian atau untuk balap. Jika untuk harian pun kalian harus memperhatikan medan yang sering di lalui, apakah medan nya pegunungan atau jalanan yang datar dan lurus, dan pada motor balap juga terdapat perbedaan ukuran gear set yang di gunakan antara balap roadrace dan drag. Namun kali ini kita akan bahas untuk yang harian dulu. Kesimpulanya menentukan gear seat bertujuan untuk memaksimalkan top speed atau akselerasi dari sepeda motor tanpa harus mengoprek komponen mesin.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator Sendiri Di Rumah

Cara Menentukan Ukuran Gear Set Untuk Harian.

1. Ketahui Ukuran Gear Set Standart Bawaan Pabrik.

Langkah yang pertama untuk menentukan gear set pada motor yang di gunakan untuk harian adalah mengetahui ukuran gear set standart bawaan pabrik dari motor itu sendiri. Karena gear set standart bawaan pabrik nantinya akan di guanakan untuk patokan.

2. Ukuran Gear Set Untuk Motor Yang Lebih Mengutamakan Akselerasi.

Akselerasi disini berarti motor harian yang membutuhkan tarikan yang cepat di awal, misal tarikan yang cepat pada kecepatan 0-30 km/jam. Sangat cocok di terapkan pada motor yang melewati track menanjak atau pegunungan sehari-harinya. Kalian cukup menaikan ukuran gear belakangnya saja dengan cara menambah satu sampai dua mata dari ukuran gear belakang standart tergantung track yang di tempuh. Misalkan, pada motor Yamaha Rx King memiliki ukuran gear belakang standart 37T, maka kalian bisa menaikannya menjadi ukuran 38T atau 39T, tergantung track yang di tempuh memiliki tanjakan yang extreme atau sedang. Untuk gear depan biarkan saja pada ukuran standart.

3. Ukuran Gear Set Untuk Motor Yang Lebih Mengutamakan Top Speed.

Top speed artinya mengutamakan power pada kecepatan tinggi. Motor harian yang lebih mengutamakan top speed misalnya seperti motor yang di gunakan pada jalanan di kota dengan track lurus dan datar atau bisa juga di gunakan bagi yang suka berkendaraa dengan kecepatan tinggi. Caranya dengan menaikan ukuran gear depan satu sampai dua mata, misalkan ukuran standart nya 15T, kalian bisa menaikannya menjadi 16T atau 17T, sesuai dengan keinginan. Untuk gear belakang biarkan saja sesuai ukuran standart.

Baca Juga: Apa Itu Nilai Oktan Dan Catane BBM ?

Mungkin hanya itu beberapa cara untuk menentukan gear set bagi motor harian. Sebenarnya ada cara yang lebih detail untuk menentukan ukuran gear dengan menggunakan rumus rasio gear, namun sekali lagi cara yang tadi kita bahas hanya versi simple nya saja, dan juga hanya di gunakan pada motor harian. Mungkin untuk kedepanya kita akan bahas mengenai rasio gear set untuk motor balap.


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Bener banget, setting gear set adalah solusi jika ingin nambah performa tanpa rubah² mesin awkwkwk. Sukses selalu

    BalasHapus
  2. Kalo di kurangin sampai 3 mata aman ngga?

    BalasHapus
  3. Saran merk gear set yang bagus min

    BalasHapus
  4. Saran gear buat honda tiger om biar jengat jengat 🙏🏻

    BalasHapus

Komentar