Header Ads Widget

pasang

Bahas Tuntas Terkait Spooring Dan Balancing Pada Mobil.

 Yoppika Zulfan A.-Siotomotif.com

Baca Juga: Pemahaman Dasar Tentang Dyno Test

Siotomotif.com-
Tentunya kalian sering melihat bengkel-bengkel mobil yang menyediakan jasa Spooring dan Balancing, atau sering mendengar istilah Spooring dan Balancing. Tapi pernah kah kalian berfikir tentang apa itu Spooring dan Balancing, tujuannya untuk apa, dan prosesnya bagaimana ? Berikut kami akan bahas tuntas terkait Spooring dan Balancing pada mobil.


Apa Itu Spooring Dan Balancing ?

Spooring dan Balancing termasuk dalam perawatan kaki-kaki mobil pada bagian roda. Meski terdengar sama namun Spooring Balancing sangat berbeda jika di lihat secara proses dan fungsi nya, Spooring dan Balancing sangat berbeda. Spooring adalah proses menyamakan posisi sudut ke empat roda mobil agar posisi ke empat roda sama seperti posisi sudut bawaan pabriknya. Sedangkan untuk Balancing adalah proses penyesuaian berat keseluruhan roda mobil. Tanpa kita sadari bahwa posisi dan berat dari roda mobil akan berubah akibat dari pemakaian sehari-hari.


Tujuan dan Manfaat Spooring,Balancing.

Spooring dan Balancing bisa di katakan termasuk dalam service berkala, dalam artian mobil yang kita gunakan sehari-hari  pasti akan mengalami fase dimana ke empat roda nya sudah tidak sama secara posisi sudut dan berat. Nah, Spooring dan Balancing bertujuan untuk menyamakan posisi sudut dan berat dari ke empat roda mobil, mobil akan terasa lebih stabil, sehingga kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Perlu kalian ketahui bahwa sangat penting untuk memperhatikan kesamaan posisi sudut dan berat roda-roda mobil kita karena jika hal tersebut tidak di perhatikan, dampaknya adalah mobil akan terasa tidak stabil, sehingga akan menganggu kenyamanan berkendara kita. Jadi sangat penting untuk melakukan cek dan melakukan Spooring atau Balancing pada mobil kita.


Proses Spooring dan Balancing.


Baca Juga: Bahas Tuntas Seputar Ban Mobil #1

Proses Spooring di lakukan dengan keadaan kondisi ban yang masih terpasang pada roda. Lalu, menyetel beberapa sudut roda seperti toe, camber dan caster pada roda. Biasanya yang jadi fokus penyetelan sudut ini adalah roda bagian depan. Karena jika posisi sudut roda sudah tidak sama dengan setingan dari pabrikan, maka kemudi mobil akan terasa tidak stabil dan arah kemudi seakan cenderung ke salah satu sisi atau sering di sebut dengan istilah "setir ngebuang" baik ke kiri atau ke kanan saat mobik sedang di kendaraai. Sedangkan proses Balancing di lakukan dengan melepas roda mobil terlebih dahulu, lalu roda mobil akan diletakkan pada mesin balancing. Mesin balancing akan memutar roda tersebut untuk menemukan titik mana yang perlu diseimbangkan. Nantinya pada titik yang butuh diseimbangkan akan diberi beban dari bahan timah yang direkatkan di dinding bagian dalam velg. Empat roda mobil harus di pastikan seimbang.


Kapan Harus Melakukan Spooring Dan Balancing ?

Beberapa pabrikan mobil di Indonesia menyarankan untuk melakukan Spooring dan Balancing setiap 10.000 kilometer. Namun bisa juga melakukan Spooring Balencing ketika muncul tanda-tanda seperti pada saat berkendara, arah laju mobil sulit dikontrol, setir mobil seakan "ngebuang" sendiri ke arah kiri atau kanan. Kemudian pada saat setir mobil miring. Dan ketika posisi ban sudah tidak sejajar lurus antara dua ban depan dengan dua ban belakang. Cara mengetahuinya bisa dengan melihat dua roda mobil dari sisi belakang lalu membandingkannya dengan dua roda mobil bagain depan. Kesimpulanya adalah Spooring dan Balancing di lakukan ketika kendali mobil di rasa sudah tidak nyaman.


Harga Jasa Spooring Dan Balancing.

Untuk harga jasa Spooring Dan Balancing sangat bervariasi, itu semua tergantung daerah dan masalah pada mobil. Namun pada umumnya jasa Spooring Balancing berkisar di harga 300.000 rupiah sampai 800.000 rupiah. Jenis atau kelas mobil juga berpengaruh pada harga.

Dengan membaca artikel ini, teman-teman di rumah di minta untuk lebih memperhatikan kualitas berkendara kita, salah satunya dengan rutin melakukan service pada kaki-kaki mobil dengan cara Spooring dan Balancing.

Baca Juga: Apa Itu Nilai Oktan Dan Catane BBM?

Posting Komentar

0 Komentar